Sabtu, 24 Desember 2011

COBAN TALUN - MALANG


COBAN TALUN - MALANG
Coban Talun - Batu
Description
Coban Talun merupakan tempat air terjun yang terletak di Kota Batu - Malang. Kawasan ini merupakan tempat yang sering dituju untuk tujuan outbound karena tempatnya yang cukup luas dan menantang. Perjalanan menuju ke air terjun sendiri merupakan perjalanan yang cukup susah namun menarik, dan tentunya tidak sia-sia karena air terjun yang ada sungguh alami. Dari tempat perhentian lokasi ini juga terlihat kawasan Kota Batu yang tentunya sangat menarik.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIHNBDjvNpbMmKMzM0S0HV1r_mccITdUUl2BnamhyphenhyphenKjIJFu-qf6GdB_3OqH_6pLN5cjLlzrLQMvWthRsNMe2NN4qSjK_pdq791_biTwLtaht8ZFHH-hTTxwYOWGyYfg4Gz633V9nRI8-s/s320/cobantalun.jpg
Coban Talun terletak di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kondisi jalan meunju lokasi sudah bukan berupa aspal mulus, melainkan jalan berbatu namun masih cukup aman untuk dilewati kendaraan roda empat bergardan rendah. Setelah melewati gerbang lokasi wisata, kondisi jalan berganti menjadi jalan tanah dan pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di berbagai sudut areal parkir yang beralaskan rumput.

Dari lokasi parkiran, diperlukan jalan kaki kurang lebih 1 km, melintasi hutan dan sungai yang ternyata merupakan bagian atas dari air terjun. Air terjun itu sendiri terletak didasar tebing sungai dan untuk mencapainya harus melewati sebuah jalan tanah berkelok-kelok disisi tebing. Kondisi jalan setapak tersebut cukup curam dan karena hanya terbuat dari tanah maka bisa dipastikan akan sangat licin saat hujan tiba. Beberapa bagian jalan malah sudah hilang trap/undakan tangga tanahnya, berubah menjadi lereng tanah curam yang membutuhkan perhatian ekstra agar tidak tergelincir atau terperosok saat melintasinya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQXsYG3oWYv9TUjCeclIhmRihHwoVsOiPkj3B6NT_Gc942uEIiVXqGtrhDjLKqTTIr2J4MO0OMS4n_8dg4SEDdMNRr4H61TgqZ28OoGGVBWvWfh1Xjpp65qYw48BowxmOix2IxqCz8xVc/s320/1057243.jpgSesampainya didasar tebing, berbagai batu besar berwarna putih nampak mendominasi isi sungai. Dasar air terjun yang ada letaknya tersembunyi dibalik bongkahan batu besar. Perlu perjuangan tersendiri untuk melewati batu-batu besar tersebut, mengingat terkadang jarak antara batu-batu tersebut dipisahkan oleh tebing batu yang meskipun tidak tinggi namun cukup curam untuk dilompati.

Namun membawa anak-anak kelokasi ini, merupakan hal yang perlu dipertimbangkan lagi, dikarenakan curam dan kondisi jalan tebingnya yang tidak bagus akan menjadi hambatan tersendiri, terutama saat perjalanan baliknya. Dengan kondisi jalan yang bisa dibilang buruk tersebut effort untuk mendaki jadi lebih sulit, bahkan tak jarang pendakian dilakukan dengan jalan merangkak agar tidak tergelincir. Sehingga bila membawa anak-anak dikuatirkan akan mengalami kerepotan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan anak-anak saat mendaki tebing tersebut dalam perjalanan balik ke lokasi parkir.


source : wisataindonesia.com


Wisata Alam
Kategori
:
WISATA

Alamat
:
Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kec. Bumiaji Malang Utara/Batu



Suasana pegunungan yang sejuk dan cukup lebatnya hutan di wilayah ini, menjadikan Coban Talun sebagai salah satu tempat perkemahan yang ideal. Suasana hutan yang alami dan sejuk, mampu menawarkan suasana damai dan rileks kepada para wisatawan. Objek yang paling menarik di daerah ini adalah air terjun Coban Talun, yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter, membentuk kolam yang dangkal di bawah air terjun, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi wisatawan yang membawa buah hatinya untuk ikut menikmati berenang dan bermain air dengan pengawasan orang tua tentunya. Disarankan Anda untuk lebih ekstra waspada di musim penghujan, karena debit air dan kontur tanah di kawasan ini menjadi kurang stabil dan licin.
Galeri Foto
Coban Talun Batu
Coban Talun Batu
Kategori Lainnya
Peta Lokasi Coban Talun Batu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar