Minggu, 31 Juli 2011

SELAYANG PANDANG IKAMABAR





Sejarah singkat IKAMABAR

Sejarah merupakan untaian moment kronologis kehidupan pada masa lalu untuk dikenal dan dikenang pada masa kini. Dari sejarah kita dapat menemukan kebijakasanaan hidup pada masa lalu. Cerita kegagalan dan kesuksesan suatu organisasi sebagai unit elemen masyarakat terekam dalam jejak sejarahnya. Dengan sejarah itu pula para anggota organisasi akan mengkristalisasikan visinya menjadi identitas kemanusiannya.
Bertolak dari pemahaman tersebut maka kita perlu mengenal sejarah komunitas kehidupan masyarakat manggarai barat yang berdomisili di Malang Raya. Komunitas yang dimaksudkan adalah IKATAN KELUARGA BESAR MANGGARAI BARAT MALANG RAYA KAMABAR-MR). Bagaimana sejarah berdirinya IKAMABAR-MR?. IKAMABAR-MR didirikan atas semangat persaudaraan, merasa satu daerah asal, memiliki budaya dan berdomosili di kota yang sama. Beberapa tokoh mahasiswa dari lima ikatan kecamatan diundang oleh Matheus Robi dan Kraeng Yoseph A.A. Susanto, ST untuk menggagas bedirinya suatu ikatan Kabupaten di Malang.
Pristiwa ini teyang ada rjadi pada tanggal 30 april 2006.Mereka meegadakan rapatperdana yangdihadiri 13 orang.Mereka melakukan berbagai pandangan untuk enyatukan berbagai presepsi tentang perlu tidakya pembentuka ikatan kabupaten.Ada yang menolak dan ada yang menyetujui adanya pembentuka ikatan ang kabupaten.Akhirn ya mereka sepakat untu meghadirkan para orang tua manggarai mabar yang ada di malang untuk meminta pendapat s sehingga disepakati untuk mengadakan rapat pada tanggal 13 mei 2006.Paraorang tua sangat antusias dan menyetujui berdirinya ikatan kanbpaten.Beberapa orang tua yang hadir antara lain Bapak Alfonsius Sudirman ,Stefanus Pan, Ardi Tobong, Agus Semiun dan Yoseph A.A susanto.dalam rapat tersebut disepakati nama Ikatan Keluarga Besar Manggarai Barat Malang Raya yang di Singkat IKAMABAR-MR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar