Minggu, 30 Oktober 2011

ANALISA WAKTU


PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 7 MALANG
Jl. Lembayung, Bumiayu,Kec.kedungkandang telp.(0341) 752032
MALANG – 65135
ANALISA WAKTU
PROGRAM PENGAJARAN BIDANG STUDI SMP

Mata Pelajaran : IPS TERPADU
Sekolah : SMP NEGERI 7 MALANG
  1. IDENTITAS
  1. Kelas : VIII
  2. Semester : I
  1. JATAH WAKTU
  1. Waktu dalam Kalender Pendidikan : 36 JAM ( 18 MINGGU)
PERINCIAN :
  1. TATAP MUKA : 28 JAM (14 MINGGU)
  2. ULANGAN HARIAN : 2 JAM (1 MINGGU)
  3. ULANGAN TENGAH SEMESTER : 2 JAM ( 1 MINGGU)
  4. ULANGAN SEMESTER : 2 JAM (1 MINGGU)
  5. CADANGAN WAKTU : 2JAM ( 1 MINGGU)




PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 7 MALANG
Jalan Lembayung,Bumuayu, kec.kedungkandang,Malang,Telepon (0341) 752032
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 7 MALANG
Kelas / Semester : VIII / I (Gasal)
Tahun Pelajaran : 2011 /2012

1. Jumlah Pekan dalam Semester I 5. Alokasi Waktu Kompetensi Dasar
Bulan
  • Pekan
Juli
3
Agustus
3
September
3
Oktober
4
November
4
Desember
5
Jumlah
25
No Kompetensi Dasar Alokasi
1
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
4jp
2
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
4jp
3
1.3 Mendiskripsikan masalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
8jp
4
UH
2 jp
5
1.4 Mendiskripsikan masalah kpendudukan dan dampaknya bagi pembangunan
2jp
6
UTS
2jp
7
2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalism barat, serta pengaruh yang di timbulkannya di berbagai daerah
4jp
8
2.2 menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, iddentitas indonesia, dan prkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
4jp
9
UH
2jp
10
Cadangan
2jp
11
UAS
2jp
Jumlah
36 jp

2. Jumlah Pekan Tidak Efektif
Bulan
  • Pekan
Juli
1
Agustus
1
September
2
Oktober
0
November
0
Desember
3
Jumlah
7

3. Jumlah Pekan Efektif
25 – 7 = 18 Pekan
4. Jumlah jam Efektif
18 x 2 = 36 jam
PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 7 MALANG
Jalan Lembayung,Bumuayu, kec.kedungkandang,Malang,Telepon (0341) 752032
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 7 MALANG
Kelas / Semester : VIII / II (Genap)
Tahun Pelajaran : 2011 /2012

1. Jumlah Pekan dalam Semester II 5. Alokasi Waktu Kompetensi Dasar
Bulan
  • Pekan
Januari
3
Februari
5
Maret
5
April
3
Mei
5
Juni
4
Jumlah
25
No Kompetensi Dasar Alokasi
1
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras,judi,narkoba,HIV / AIDS, PSk dan sebagainya) sebagai akibat penyimpanan sosial dalam keluarga dan masyarakat
8 jp
2
3.2 Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
4 jp
3
UH
2 jp

UTS
2 jp
4
4.1Mengidentifikasikan hubungan antara kelangkahan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
8 jp
5
4.2 Mendiskripsikan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan Negara
4jp
6
4.3 Mengidentifikasi bentuk paar dalam kegiatan ekonomi msyarakat
4 jp
7
UH
2 jp
8
UAS
2 jp
9
Cadangan
2 jp
Jumlah
38 jp

2. Jumlah Pekan Tidak Efektif
Bulan
  • Pekan
Januari
1
Februari
0
Maret
0
April
1
Mei
0
Juni
4
Jumlah
6

3. Jumlah Pekan Efektif
25 – 6 = 19 Pekan
4. Jumlah jam Efektif
19x 2 = 38 jam

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 7 MALANG
Jl. Lembayung, Bumiayu,Kec.kedungkandang, Malang telp.(0341) 752032
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 7 Malang
Kelas : VIII
Tahun Pelajaran :2011 /2012
SEMESTER
KOMPETENSI DASAR / MATRI POKOK
(KD)
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN



1
1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
  • Letak geografis indonesia (posisi geografis dan letak geografis)
  • Kaitan letak geografis dengan iklim dan waktu di indonesia
  • Musim di indonesia
  • Persebaran flora dan fauna indonesia dan kaitannya dengan pembagian wilayah wallancea dan weber
  • Persebaran jenis tanah di indonesia, pemanfaatan berbagai jenis tanah di indonesia



4 x 40


1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
  • Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk
  • Angka kelahiran dan kematian serta cara memenghitungnya
  • Faktor penunjang kelahiran dan kematian
  • Kepadatan penduduk dan cara menghitungnya

  • Piramida penduduk indonesia
  • Cara menghitung sex ratio dan beban ketergantungan
  • Angka usia harapan hidup
  • Ledakan penduduk dan upaya mengatasinya.Membuat peta, tabel dan grafik penduduk
  • Jenis-jenis migrasi dan faktor penyebabnya

  • Dampak positif dan negatif migrasi dan usaha penanggulangan dampak negatif migrasi







4 x 40


1.3 Mendiskripsikan masalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
  • Lingkungan hidup dan pelestariannya : Unsur-unsur lingkungan abiotik dan sosial budaya
  • Arti penting lingkungan bagi kehidupan
  • Bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  • Usaha pelestarian lingkungan hidup
  • Hakikat pembangunan berkelanjutan
  • Ciri-ciri pembangunan berkelnjutan
  • Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar





8 x 40


Ulangan Harian
2 x 40’


1.4 Mendiskripsikan masalah kpendudukan dan dampaknya bagi pembangunan
  • Permasalahan penduduk indonesia (kuantitas dan kualitas)
  • Dampak dari permasalahan penduduk terhadap pembangunan

2 x 40


UTS

2 x 40’


2.1 Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalism barat, serta pengaruh yang di timbulkannya di berbagai daerah
  • Kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial
  • Pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah
  • Bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme barat di berbagai daerah
  • Daerah-daerah penyebaran agama nasrani

4 x 40


2.2 menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, iddentitas indonesia, dan prkembangan pergerakan kebangsaan indonesia
  • Perkembangan pendidikan barat dan pendidikan islam terhadap munculnya naionalisme indonesia
  • Peranan golongan terpelajar,profesional dan pres dalam menumbuh kembangkan kesadaran nasional indonesia
  • Perkembangan gerakan nasional dari yang bersifat etnik,kedaerahan,keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme indonesia
  • Peran manifesto politik 1925,kongres pemuda 1928 dan kongres prempuan pertama dan prosen pembentuknan identitas kebangsaan indonesia





4 x 40


Ulangan Harian
2 x 40


UAS
2 x 40’


Cadangan
2 x 40’


Jumlah Semester 1

36 jp




II
3.1 Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras,judi,narkoba,HIV / AIDS, PSk dan sebagainya) sebagai akibat penyimpanan sosial dalam keluarga dan masyarakat
  • Pengertian penyimpangan sosial
  • Bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
  • Contoh penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat



8 x 40


3.2 Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
  • Akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
  • Faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
  • Upaya-upaya pencegahan sosial dalam keluarga dan masyarakat




4 x 40



Ulangan Harian
2 x 40


UTS
2 x 40’


4.1 Mengidentifikasikan hubungan antara kelangkahan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
  • Kebutuhan hidup manusia
  • Kelangkahan sumber daya
  • Usaha-usaha manusia dalam mengatasi sumber daya
  • Menyusun skla prioritas kebutuhan manusia



8 x 40


4.2 Mendiskripsikan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan Negara
  • Pelaku ekonomi
  • Pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia



4 x 40


4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi msyarakat
  • Pengertian, fungsi dan peranan pasar
  • Macam-macam pasar


4 x 40


Ulangan Harian
2 x 40


UAS
2 x 40’




Cadangan
2 x 40’


Jumlah Semester II
38


Tidak ada komentar:

Posting Komentar