PEMERINTAH
KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMP
NEGERI 7 MALANG
Jl.
Lembayung, Bumiayu,Kec.kedungkandang telp.(0341) 752032
MALANG – 65135
ANALISA
WAKTU
PROGRAM
PENGAJARAN BIDANG STUDI SMP
Mata
Pelajaran : IPS TERPADU
Sekolah :
SMP NEGERI 7 MALANG
- IDENTITAS
- Kelas : VIII
- Semester : I
- JATAH WAKTU
- Waktu dalam Kalender Pendidikan : 36 JAM ( 18 MINGGU)
PERINCIAN :
- TATAP MUKA : 28 JAM (14 MINGGU)
- ULANGAN HARIAN : 2 JAM (1 MINGGU)
- ULANGAN TENGAH SEMESTER : 2 JAM ( 1 MINGGU)
- ULANGAN SEMESTER : 2 JAM (1 MINGGU)
- CADANGAN WAKTU : 2JAM ( 1 MINGGU)
PEMERINTAH
KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMP
NEGERI 7 MALANG
Jalan
Lembayung,Bumuayu, kec.kedungkandang,Malang,Telepon (0341) 752032
Mata
Pelajaran : IPS Terpadu
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 7 MALANG
Kelas
/ Semester : VIII / I (Gasal)
Tahun
Pelajaran : 2011 /2012
1.
Jumlah Pekan dalam Semester I 5. Alokasi Waktu Kompetensi Dasar
Bulan
|
|
||
Juli
|
3
|
||
Agustus
|
3
|
||
September
|
3
|
||
Oktober
|
4
|
||
November
|
4
|
||
Desember
|
5
|
||
Jumlah
|
25
|
||
No | Kompetensi Dasar | Alokasi | |
1
|
1.1
Mendeskripsikan kondisi fisik
wilayah dan penduduk
|
4jp
|
|
2
|
1.2
Mengidentifikasi permasalahan
kependudukan dan upaya penanggulangannya
|
4jp
|
|
3
|
1.3
Mendiskripsikan masalah lingkungan hidup dan upaya
penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
|
8jp
|
|
4
|
UH |
2
jp
|
|
5
|
1.4
Mendiskripsikan masalah kpendudukan dan dampaknya bagi pembangunan
|
2jp
|
|
6
|
UTS |
2jp
|
|
7
|
2.1
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalism barat,
serta pengaruh yang di timbulkannya di berbagai daerah
|
4jp
|
|
8
|
2.2
menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, iddentitas
indonesia, dan prkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
|
4jp
|
|
9
|
UH |
2jp
|
|
10
|
Cadangan |
2jp
|
|
11
|
UAS |
2jp
|
|
Jumlah
|
36
jp
|
2.
Jumlah Pekan Tidak Efektif
Bulan
|
|
Juli
|
1
|
Agustus
|
1
|
September
|
2
|
Oktober
|
0
|
November
|
0
|
Desember
|
3
|
Jumlah
|
7
|
3.
Jumlah Pekan Efektif
25
– 7 = 18 Pekan
4.
Jumlah jam Efektif
18
x 2 = 36 jam
PEMERINTAH
KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMP
NEGERI 7 MALANG
Jalan
Lembayung,Bumuayu, kec.kedungkandang,Malang,Telepon (0341) 752032
Mata
Pelajaran : IPS Terpadu
Satuan
Pendidikan : SMP NEGERI 7 MALANG
Kelas
/ Semester : VIII / II (Genap)
Tahun
Pelajaran : 2011 /2012
1.
Jumlah Pekan dalam Semester II 5. Alokasi Waktu Kompetensi Dasar
Bulan
|
|
||
Januari
|
3
|
||
Februari
|
5
|
||
Maret
|
5
|
||
April
|
3
|
||
Mei
|
5
|
||
Juni
|
4
|
||
Jumlah
|
25
|
||
No | Kompetensi Dasar | Alokasi | |
1
|
3.1
Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras,judi,narkoba,HIV
/ AIDS, PSk dan sebagainya) sebagai akibat penyimpanan sosial
dalam keluarga dan masyarakat
|
8
jp
|
|
2
|
3.2
Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat
|
4
jp
|
|
3
|
UH
|
2
jp
|
|
UTS
|
2
jp
|
||
4
|
4.1Mengidentifikasikan
hubungan antara kelangkahan sumber daya dengan kebutuhan manusia
yang tidak terbatas
|
8
jp
|
|
5
|
4.2
Mendiskripsikan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat,
perusahaan, koperasi, dan Negara
|
4jp
|
|
6
|
4.3
Mengidentifikasi bentuk paar dalam kegiatan ekonomi msyarakat
|
4
jp
|
|
7
|
UH
|
2
jp
|
|
8
|
UAS
|
2
jp
|
|
9
|
Cadangan |
2
jp
|
|
Jumlah
|
38
jp
|
2.
Jumlah Pekan Tidak Efektif
Bulan
|
|
Januari
|
1
|
Februari
|
0
|
Maret
|
0
|
April
|
1
|
Mei
|
0
|
Juni
|
4
|
Jumlah
|
6
|
3.
Jumlah Pekan Efektif
25
– 6 = 19 Pekan
4.
Jumlah jam Efektif
19x
2 = 38 jam
PEMERINTAH
KOTA MALANG
DINAS
PENDIDIKAN
SMP
NEGERI 7 MALANG
Jl.
Lembayung, Bumiayu,Kec.kedungkandang, Malang telp.(0341) 752032
|
Mata
Pelajaran : IPS Terpadu
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 7 Malang
Kelas :
VIII
Tahun
Pelajaran :2011 /2012
SEMESTER
|
KOMPETENSI
DASAR / MATRI POKOK
(KD)
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
1.1
Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk
|
4
x 40’
|
|
1.2
Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya
penanggulangannya
|
4
x 40’
|
||
1.3
Mendiskripsikan masalah lingkungan hidup dan upaya
penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
|
8
x 40’
|
||
Ulangan
Harian
|
2
x 40’
|
||
1.4
Mendiskripsikan masalah kpendudukan dan dampaknya bagi pembangunan
|
2
x
40’
|
||
UTS
|
2
x 40’
|
||
2.1 Menjelaskan
proses perkembangan kolonialisme dan imperalism barat, serta
pengaruh yang di timbulkannya di berbagai daerah
|
4
x 40’
|
||
2.2 menguraikan
proses terbentuknya kesadaran nasional, iddentitas indonesia, dan
prkembangan pergerakan kebangsaan indonesia
|
4
x 40’
|
||
Ulangan Harian |
2
x 40’
|
||
UAS |
2
x 40’
|
||
Cadangan |
2
x 40’
|
||
Jumlah
Semester 1
|
36
jp
|
||
3.1
Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras,judi,narkoba,HIV
/ AIDS, PSk dan sebagainya) sebagai akibat penyimpanan sosial
dalam keluarga dan masyarakat
|
8
x 40’
|
||
3.2
Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat
|
4
x 40’
|
||
Ulangan
Harian
|
2
x 40’
|
||
UTS
|
2
x 40’
|
||
4.1
Mengidentifikasikan hubungan antara kelangkahan sumber daya dengan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
8
x
40’
|
||
4.2
Mendiskripsikan pelaku ekonomi : rumah tangga, masyarakat,
perusahaan, koperasi, dan Negara
|
4
x 40’
|
||
4.3
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi msyarakat
|
4
x 40’
|
||
Ulangan
Harian
|
2
x 40’
|
||
UAS
|
2
x 40’
|
||
Cadangan
|
2
x 40’
|
||
Jumlah
Semester II
|
38
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar