RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
:
SMP
Negeri 7 Malang Kelas/Semester
: VIII / I
Mata
Pelajaran :
IPS
Terpadu Alokasi waktu : 5 jp
Standar kompetensi :
Memahami Permsalahan Sosial Berkaitan Dengan Pertumbuhan Jumlah
Penduduk
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan Masalah Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya
Dalam Pembangunan Berkelanjutan
Indikator
:
- Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
- Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
- Mengetahui tujuan,hakikat,dan ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan
- Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari pokok bahasan ini,diharapkan siswa mampu :
- Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
- Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
- Mengetahui,hakikat,ciri-ciri,dan Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
- Materi Pembelajaran
- Hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
- Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan dan
- Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
- Metode Pembelajaran
Ceramah,
Make
a match ,
tanya jawab
- Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1 (unsur-unsur lingkungan)
Kegiatan
awal
- memberi salam
- melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
- Apresepsi
- Guru menanyakan tentang pengertian pembangunan
- Guru menanyakan tentang pengertian dari pembangunan berwawasan lingkungan
- Motivasi
- Hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
- Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan dan
- Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
Kegiatan
inti
- Langkah 1 : Guru Menjelaskan sekilas materi tentang:
- Pengertian pembangunan dan pembangunan berwawasan lingkungan
- Hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
- Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan dan
- Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
- Langkah ke 2
- Guru menjelaskan aturan kerja kelompok
- Guru menyiapkan kartu soal
- Setiap siswa wajib mengambil kartu yang sudah di siapkan oleh guru
- Setiap siswa mencari pasangan jawaban dan pasangan soal
- Setiap siswa yang sudah memiliki jawaban duduk sesuai dengan pasangannya
- Siswa yang tidak mengambil kartu soal di kenai sanksi
- Siswa yang salah dalam memilih pasangan jawaban akan di kenai sanksi
- Waktu yang di berikan untuk mencari jawaban 15 menit
Langkah
ke 3
- Setelah selesai mencari jawabannya,setiap siswa menyiapkan untuk mempresentasekan hasil jawabannya dan yang lain menanggapi
- Guru membacakan nama-nama siswa yang akan mempresentasikan sesuai absen
Kegiatan
penutup
- Guru menyimpulkan pembelajaran
- Menutup pelajaran dan mengucapkan salam
E. Alat dan
Sumber Belajar
- Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
- Buku paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
- Buku Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80
F. Penilaian
Teknik
penilaian : tes lisan, tertulis, tes unjuk kerja
Bentuk
instrumen : Soal Essay
Soal-soal pertemuan
I :
- Apa yang di maksud dengan pembangunan berwawasan lingkungan
- Jelaskan 2(dua) hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
- Sebutkan 4 (empat) ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan
Kunci
jawaban
Pertemuan III
- Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya.
- dua hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
- inventarisasi SDA
- pemanfaatan teknologi yang memadai
3.
4 (empat) ciri pembangunan berwawasan lingkungan
- Memberikan kemungkinan bagi setiap warga untuk menentukan
pilihan
berbagai ragam hidup
- Tidak hanya sekedar pengendalian perubahan SDA secara fisik saja.
- Berkaitan erat dengan pengaturan ekonomi bagi warga maupun bagi lembaga
- Mencegah adanya akibat sampingan yang akan merugikan masyarakat
Mengetahui,
Malang, 2 Oktober 2011
Kepala
Sekolah Guru mata pelajaran
Sumaryono,
S.Pd. Meru Singgih P.S.Pd
NIP
195902101981021004 NIP 195908281983031025
Tidak ada komentar:
Posting Komentar