Minggu, 30 Oktober 2011

(RPP) pertmuan III lingkungan hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP Negeri 7 Malang Kelas/Semester : VIII / I
Mata Pelajaran : IPS Terpadu Alokasi waktu : 5 jp

Standar kompetensi : Memahami Permsalahan Sosial Berkaitan Dengan Pertumbuhan Jumlah Penduduk
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan Masalah Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan
Indikator :
  1. Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
  2. Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
  3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  4. Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
  5. Mengetahui tujuan,hakikat,dan ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini,diharapkan siswa mampu :
  1. Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
  2. Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
  3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  4. Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
  5. Mengetahui,hakikat,ciri-ciri,dan Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar

  1. Materi Pembelajaran
  1. Hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
  2. Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan dan
  3. Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar

  1. Metode Pembelajaran
Ceramah, Make a match , tanya jawab
  1. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (unsur-unsur lingkungan)
Kegiatan awal
  • memberi salam
  • melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
  • Apresepsi
  • Guru menanyakan tentang pengertian pembangunan
  • Guru menanyakan tentang pengertian dari pembangunan berwawasan lingkungan
  • Motivasi
  • Hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
  • Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan dan
  • Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
Kegiatan inti
  1. Langkah 1 : Guru Menjelaskan sekilas materi tentang:
  • Pengertian pembangunan dan pembangunan berwawasan lingkungan
  • Hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
  • Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan dan
  • Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
  1. Langkah ke 2
  • Guru menjelaskan aturan kerja kelompok
  • Guru menyiapkan kartu soal
  • Setiap siswa wajib mengambil kartu yang sudah di siapkan oleh guru
  • Setiap siswa mencari pasangan jawaban dan pasangan soal
  • Setiap siswa yang sudah memiliki jawaban duduk sesuai dengan pasangannya
  • Siswa yang tidak mengambil kartu soal di kenai sanksi
  • Siswa yang salah dalam memilih pasangan jawaban akan di kenai sanksi
  • Waktu yang di berikan untuk mencari jawaban 15 menit
Langkah ke 3
  • Setelah selesai mencari jawabannya,setiap siswa menyiapkan untuk mempresentasekan hasil jawabannya dan yang lain menanggapi
  • Guru membacakan nama-nama siswa yang akan mempresentasikan sesuai absen
Kegiatan penutup
  • Guru menyimpulkan pembelajaran
  • Menutup pelajaran dan mengucapkan salam

E. Alat dan Sumber Belajar
  1. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
  2. Buku paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
  3. Buku Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80

F. Penilaian
Teknik penilaian : tes lisan, tertulis, tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Soal Essay
Soal-soal pertemuan I :
  1. Apa yang di maksud dengan pembangunan berwawasan lingkungan
  2. Jelaskan 2(dua) hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
  3. Sebutkan 4 (empat) ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan
Kunci jawaban
Pertemuan III
    1. Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya.
    2. dua hakikat pembangunan berwawasan lingkungan
  • inventarisasi SDA
  • pemanfaatan teknologi yang memadai
3. 4 (empat) ciri pembangunan berwawasan lingkungan
    • Memberikan kemungkinan bagi setiap warga untuk menentukan
pilihan berbagai ragam hidup
    • Tidak hanya sekedar pengendalian perubahan SDA secara fisik saja.
    • Berkaitan erat dengan pengaturan ekonomi bagi warga maupun bagi lembaga
    • Mencegah adanya akibat sampingan yang akan merugikan masyarakat



Mengetahui, Malang, 2 Oktober 2011
Kepala Sekolah Guru mata pelajaran


Sumaryono, S.Pd. Meru Singgih P.S.Pd
NIP 195902101981021004 NIP 195908281983031025

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar