RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
:
SMP
Negeri 7 Malang Kelas/Semester
: VIII / I
Mata
Pelajaran :
IPS
Terpadu Alokasi waktu : 5 jp
Standar kompetensi :
Memahami Permsalahan Sosial Berkaitan Dengan Pertumbuhan Jumlah
Penduduk
Kompetensi Dasar :
Mendiskripsikan Masalah Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya
Dalam Pembangunan Berkelanjutan
Indikator
:
- Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
- Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
- Mengetahui tujuan,hakikat,dan ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan
- Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari pokok bahasan ini,diharapkan siswa mampu :
- Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
- Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
- Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
- Mengetahui,hakikat,ciri-ciri,dan Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
- Materi Pembelajaran
- Unsur-unsur lingkungan (abiotik,biotik, sosial budaya)
- Arti penting lingkungan bagi kehidupan
- Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Usaha pelestarian lingkungan hidup
- Mengetahui,hakikat,ciri-ciri,dan Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar
- Metode Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, tugas
kelompok
- Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1I (unsur-unsur lingkungan)
Kegiatan
awal
- memberi salam
- melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
- Apresepsi
- Motivasi
- Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Usaha pelestarian lingkungan hidup
- mengingatkan kembali materi sebelumnya
Kegiatan
inti
Guru
:
- membagi kelompok menjadi 6 team
- mendiskusikan materi kerusakan lingkungan hidup menurut tempatnya dan cara melestarikannya
- mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya
Guru
Menjelaskan materi tentang:
- Pengertian kerusakan dan kerusakan lingkungan hidup
- Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
- Usaha pelestarian lingkungan hidup
Kegiatan
penutup
- Guru menyimpulkan pembelajaran
- Menutup pelajaran dan mengucapkan salam
- Alat dan Sumber Belajar
- Gambar-gambar yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
- Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
- Buku paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
- Buku Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80
- Penilaian
Teknik
penilaian : tes lisan, tertulis, tes unjuk kerja
Bentuk
instrumen : Soal Essay
Soal-soal pertemuan
I :
- Sebut dan Jelaskan kerusakan lingkungan lahan! ( soal untuk kelompok I )
- Jelaskan kerusakan lingkungan air! ( soal untuk kelompok II )
- Jelaskan kerusakan lingkungan udara! ( soal untuk kelompok III )
- Sebut dan jelaskan contoh pelestarian lahan kritis! ( soal untuk kelompok IV )
- Jelaskan cara mencegah pencemaran lingkungan air! ( soal untuk kelompok V )
- Jelaskan cara mencegah pencemaran lingkungan udara! ( soal untuk kelompok VI )
Kunci
jawaban
Pertemuan II
1.
kerusakan lingkungan lahan
- Penebangan hutan oleh masyarakat petani untuk memperoleh lahan pertanian baru
- Penebangan hutan yang dilakukan oleh pengusaha akibatnya banyak hewan yang mati tebang pilih,berakibat hutan gundul
- kerusakan lingkungan air
Hal
utama yang menyebabkan kerusakan lingkungan air adalah pembuangan
limbah yang mengakibatkan pencemaran air,pembuangan sisa pupuk dan
pestisida,air cucian yang mengandung detergen,sisa obat-obatan dan
sisa barang kimia di sembarang tempat.
- kerusakan lingkungan udara
Kerusakan
lingkungan udara adalah pembuangan limbah gas mesinyang mengakibatkan
pencemaran udara,pengguunaan BBM pada kendaran bermotor.oleh bahan -
bahan alat semprot dan penyemprotan pestesida.
- contoh pelestarian lahan kritis
a.
melakukan rehabilitasi yaitu dengan cara penelolaan dan pengolahan
tanah,sistem irigasi,pola tanam,pemberantasan hama dan gulma.
b..melakukan
rehabilitasi hutan karena pola ladang berpindah dilakukan dengan cara
memberi pengarahan tentang kerugian ladang berpindah kepada para
peladang.
- cara mencegah pencemaran lingkungan air
a.
Melindungi tata air dengan cara merehabilitasi hutan
lindung,pencegahan kerusakan hutan,mencegah erosi untuk daerah yang
curah hujannya tinggi.
b.
Mengawasi sistem pembuangan limbah ke laut,sistem penangkapan ikan
dengan racun dan perlindungan karang laut.
- cara mencegah pencemaran lingkungan udara
- Dilakukan pengawasan tingkat pencemaran pabrik dan kendaraan bermotor khususnya kota-kota besar jawa,sumatera dan kalimantan.
- Pelarangan merokok di tempat umum
- Pelarangan kendaraan bermotor yang mengeluarkan asapnya banyak.
Mengetahui, Malang,
2 Oktober 2011
Guru
mata pelajaran Guru
praktikan
Meru
Singgih P.S.Pd Yohanes
Sudarsono
NIP
195908281983031025 080401050027
Kepala
Sekolah
Sumaryono,
S.Pd.
NIP
195902101981021004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar