Minggu, 30 Oktober 2011

(RPP) pertemuan ii lingkungan hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP Negeri 7 Malang Kelas/Semester : VIII / I
Mata Pelajaran : IPS Terpadu Alokasi waktu : 5 jp

Standar kompetensi : Memahami Permsalahan Sosial Berkaitan Dengan Pertumbuhan Jumlah Penduduk
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan Masalah Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan
Indikator :
  1. Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
  2. Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
  3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  4. Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
  5. Mengetahui tujuan,hakikat,dan ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini,diharapkan siswa mampu :
  1. Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
  2. Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
  3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  4. Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
  5. Mengetahui,hakikat,ciri-ciri,dan Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar

  1. Materi Pembelajaran
  1. Unsur-unsur lingkungan (abiotik,biotik, sosial budaya)
  2. Arti penting lingkungan bagi kehidupan
  3. Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  4. Usaha pelestarian lingkungan hidup
  5. Mengetahui,hakikat,ciri-ciri,dan Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar


  1. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, tugas kelompok
  1. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1I (unsur-unsur lingkungan)
Kegiatan awal
  • memberi salam
  • melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
  • Apresepsi
  • Motivasi
  1. Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  2. Usaha pelestarian lingkungan hidup
  • mengingatkan kembali materi sebelumnya
Kegiatan inti
Guru :
  • membagi kelompok menjadi 6 team
  • mendiskusikan materi kerusakan lingkungan hidup menurut tempatnya dan cara melestarikannya
  • mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya
Guru Menjelaskan materi tentang:
  • Pengertian kerusakan dan kerusakan lingkungan hidup
  • Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  • Usaha pelestarian lingkungan hidup
Kegiatan penutup
  • Guru menyimpulkan pembelajaran
  • Menutup pelajaran dan mengucapkan salam

  1. Alat dan Sumber Belajar
  1. Gambar-gambar yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
  2. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
  3. Buku paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
  4. Buku Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80

  1. Penilaian
Teknik penilaian : tes lisan, tertulis, tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Soal Essay


Soal-soal pertemuan I :

  1. Sebut dan Jelaskan kerusakan lingkungan lahan! ( soal untuk kelompok I )
  2. Jelaskan kerusakan lingkungan air! ( soal untuk kelompok II )
  3. Jelaskan kerusakan lingkungan udara! ( soal untuk kelompok III )
  4. Sebut dan jelaskan contoh pelestarian lahan kritis! ( soal untuk kelompok IV )
  5. Jelaskan cara mencegah pencemaran lingkungan air! ( soal untuk kelompok V )
  6. Jelaskan cara mencegah pencemaran lingkungan udara! ( soal untuk kelompok VI )

Kunci jawaban
Pertemuan II
1. kerusakan lingkungan lahan
  1. Penebangan hutan oleh masyarakat petani untuk memperoleh lahan pertanian baru
  2. Penebangan hutan yang dilakukan oleh pengusaha akibatnya banyak hewan yang mati tebang pilih,berakibat hutan gundul
  1. kerusakan lingkungan air
Hal utama yang menyebabkan kerusakan lingkungan air adalah pembuangan limbah yang mengakibatkan pencemaran air,pembuangan sisa pupuk dan pestisida,air cucian yang mengandung detergen,sisa obat-obatan dan sisa barang kimia di sembarang tempat.
  1. kerusakan lingkungan udara
Kerusakan lingkungan udara adalah pembuangan limbah gas mesinyang mengakibatkan pencemaran udara,pengguunaan BBM pada kendaran bermotor.oleh bahan - bahan alat semprot dan penyemprotan pestesida.
  1. contoh pelestarian lahan kritis
a. melakukan rehabilitasi yaitu dengan cara penelolaan dan pengolahan tanah,sistem irigasi,pola tanam,pemberantasan hama dan gulma.
b..melakukan rehabilitasi hutan karena pola ladang berpindah dilakukan dengan cara memberi pengarahan tentang kerugian ladang berpindah kepada para peladang.
  1. cara mencegah pencemaran lingkungan air
a. Melindungi tata air dengan cara merehabilitasi hutan lindung,pencegahan kerusakan hutan,mencegah erosi untuk daerah yang curah hujannya tinggi.
b. Mengawasi sistem pembuangan limbah ke laut,sistem penangkapan ikan dengan racun dan perlindungan karang laut.
  1. cara mencegah pencemaran lingkungan udara
  • Dilakukan pengawasan tingkat pencemaran pabrik dan kendaraan bermotor khususnya kota-kota besar jawa,sumatera dan kalimantan.
  • Pelarangan merokok di tempat umum
  • Pelarangan kendaraan bermotor yang mengeluarkan asapnya banyak.

Mengetahui, Malang, 2 Oktober 2011
Guru mata pelajaran Guru praktikan

Meru Singgih P.S.Pd Yohanes Sudarsono
NIP 195908281983031025 080401050027
Kepala Sekolah

Sumaryono, S.Pd.
NIP 195902101981021004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar