RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
:
SMP Negeri 7 Malang Kelas/Semester : VIII / I
Mata
Pelajaran
:
IPS Terpadu Alokasi waktu : 5
jp
Standar kompetensi :
1. Memahami permsalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah
penduduk
Kompetensi Dasar :
1.4 Mendiskripsikan masalah kependudukan dan dampaknya bagi
pembangunan
Indikator :
- Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas)
- Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
- Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
- Tujuan pembelajaran
Setelah
melakukan pembelajaran siswa dapat :
- Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk
- Menjelaskan permasalahan kualitas penduduk
- Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
- Materi Pembelajaran
- Permasalahan kuantitas penduduk indonesia
- Permaslahan kualitas penduduk indonesia kependudukan
- Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
- Upaya mengatasi masalah
- Metode Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab,bertukar
pasangan
- Langkah – langkah kegiatan
Pertemuan
1
Kegiatan
awal
- Memberikan salam
- Melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
- Apresepsi
- Guru menanyakan masalah kependudukan
- Guru bertanya mengapa indonesia termasuk negara berkembang
- Motivasi
- masalah kependudukan
- Permasalahan kuantitas penduduk
Kegiatn
inti
- Menjelaskan materi tentang :
Permasalahan
kuantitas penduduk indonesia
- Langkah selanjutnya
- Setiap peserta didik mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau peserta didik memilih sendiri pasangannya).
- Guru memberikan tugas dan peserta didik mengerjakan tugas dengan pasangannya.
- Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
- Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
- Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
Penutup
- Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang di bahas dalam pembelajaran
- Alat dan Sumber Belajar
- Gambar-gambar yang relevan
- Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 49-57).
c.
Gambar-gambar
yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
d.
Buku
paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
e.
Buku
paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
f.
Buku
Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80
- Penilaian
Teknik
penilaian : tes lisan
Pertemuan
II
Metode
Pembelajaran
Ceramah,snowball
throwing,
tanya jawab
Kegiatan
awal
- Memberikan salam
- Melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
- Apresepsi
- Guru menanyakan masalah kualitas penduduk
- Motivasi
- Permasalahan kualitas penduduk
Langkah
selanjutnya
- Guru menyampaikan materi Permasalahan kualitas penduduk indonesia
- Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
- Masing-masing peserta didik diberi satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu peserta didik ke peserta didik yang lain selama ± 15 menit
- Setelah peserta didik dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
Penutup
- Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang di bahas dalam pembelajaran
- Alat dan Sumber Belajar
- Gambar-gambar yang relevan
- Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 49-57).
c.
Gambar-gambar
yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
d.
Buku
paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
e.
Buku
paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
f.
Buku
Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-89
- Penilaian
Teknik
penilaian : tes lisan
Pertemuan
1II
Metode
Pembelajaran
Ceramah,Tanya
Jawab
Kegiatan
awal
- Memberikan salam
- Melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
- Apresepsi
- Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
- Guru bertanya mengapa indonesia termasuk negara berkembang
- Motivasi
Dampak
permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
Kegiatn
inti
- Menjelaskan materi tentang :
- Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
- Upaya mengatasi masalah
Penutup
- Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang di bahas dalam pembelajaran
- Alat dan Sumber Belajar
- Gambar-gambar yang relevan
- Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 49-57).
c.
Gambar-gambar
yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
d.
Buku
paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
e.
Buku
paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
f.
Buku
Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80
- Penilaian
Teknik
penilaian : tes lisan
Mengetahui, Malang,
2 Oktober 2011
Guru
mata pelajaran Guru
praktikan
Meru
Singgih P.S.Pd Yohanes
Sudarsono
NIP
195908281983031025 080401050027
Kepala
Sekolah
Sumaryono,
S.Pd.
NIP
195902101981021004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar