Minggu, 30 Oktober 2011

RPP MASALAH KEPENDUDUKAN BAGI PEMBANGUNAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP Negeri 7 Malang Kelas/Semester : VIII / I
Mata Pelajaran : IPS Terpadu Alokasi waktu : 5 jp

Standar kompetensi : 1. Memahami permsalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Kompetensi Dasar : 1.4 Mendiskripsikan masalah kependudukan dan dampaknya bagi pembangunan
Indikator :
  1. Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk (kuantitas dan kualitas)
  2. Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
  3. Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

  1. Tujuan pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran siswa dapat :
  1. Menjelaskan permasalahan kuantitas penduduk
  2. Menjelaskan permasalahan kualitas penduduk
  3. Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

  1. Materi Pembelajaran
  1. Permasalahan kuantitas penduduk indonesia
  2. Permaslahan kualitas penduduk indonesia kependudukan
  3. Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
  4. Upaya mengatasi masalah
  1. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab,bertukar pasangan
  1. Langkah – langkah kegiatan
Pertemuan 1
Kegiatan awal
  • Memberikan salam
  • Melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
  • Apresepsi
  • Guru menanyakan masalah kependudukan
  • Guru bertanya mengapa indonesia termasuk negara berkembang
  • Motivasi
  • masalah kependudukan
  • Permasalahan kuantitas penduduk
Kegiatn inti
    1. Menjelaskan materi tentang :
Permasalahan kuantitas penduduk indonesia
    1. Langkah selanjutnya
  1. Setiap peserta didik mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau peserta didik memilih sendiri pasangannya).
  2. Guru memberikan tugas dan peserta didik mengerjakan tugas dengan pasangannya.
  3. Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
  4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
  5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
Penutup
  1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang di bahas dalam pembelajaran
  1. Alat dan Sumber Belajar
  1. Gambar-gambar yang relevan
  2. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 49-57).
c. Gambar-gambar yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
d. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
e. Buku paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
f. Buku Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80

  1. Penilaian
Teknik penilaian : tes lisan

Pertemuan II
Metode Pembelajaran
Ceramah,snowball throwing, tanya jawab
Kegiatan awal
  • Memberikan salam
  • Melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
  • Apresepsi
  • Guru menanyakan masalah kualitas penduduk
  • Motivasi
  • Permasalahan kualitas penduduk
Langkah selanjutnya
  1. Guru menyampaikan materi Permasalahan kualitas penduduk indonesia
  2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
  3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
  4. Masing-masing peserta didik diberi satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
  5. Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu peserta didik ke peserta didik yang lain selama ± 15 menit
  6. Setelah peserta didik dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
Penutup
  1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang di bahas dalam pembelajaran
  1. Alat dan Sumber Belajar
  1. Gambar-gambar yang relevan
  2. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 49-57).
c. Gambar-gambar yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
d. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
e. Buku paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
f. Buku Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-89

  1. Penilaian
Teknik penilaian : tes lisan
Pertemuan 1II
Metode Pembelajaran
Ceramah,Tanya Jawab
Kegiatan awal
  • Memberikan salam
  • Melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
  • Apresepsi
  • Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan

  • Guru bertanya mengapa indonesia termasuk negara berkembang
  • Motivasi
Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan.
Kegiatn inti
    1. Menjelaskan materi tentang :
  • Dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan
  • Upaya mengatasi masalah
Penutup
  1. Guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang di bahas dalam pembelajaran
  1. Alat dan Sumber Belajar
  1. Gambar-gambar yang relevan
  2. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 49-57).
c. Gambar-gambar yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
d. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
e. Buku paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
f. Buku Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80
  1. Penilaian
Teknik penilaian : tes lisan
Mengetahui, Malang, 2 Oktober 2011
Guru mata pelajaran Guru praktikan

Meru Singgih P.S.Pd Yohanes Sudarsono
NIP 195908281983031025 080401050027
Kepala Sekolah

Sumaryono, S.Pd.
NIP 195902101981021004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar