Minggu, 30 Oktober 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) lingkungan hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP Negeri 7 Malang Kelas/Semester : VIII / I
Mata Pelajaran : IPS Terpadu Alokasi waktu : 5 jp

Standar kompetensi : Memahami Permsalahan Sosial Berkaitan Dengan Pertumbuhan Jumlah Penduduk
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan Masalah Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan
Indikator :
  1. Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
  2. Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
  3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  4. Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
  5. Mengetahui tujuan,hakikat,dan ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan

  1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pokok bahasan ini,diharapkan siswa mampu :
  1. Mengidentifikasi unsur-unsur lingkungan (unsur abiotik,unsur biotik,sosial budaya)
  2. Menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan
  3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  4. Memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup
  5. Mengetahui,hakikat,ciri-ciri,dan Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar

  1. Materi Pembelajaran
  1. Unsur-unsur lingkungan (abiotik,biotik, sosial budaya)
  2. Arti penting lingkungan bagi kehidupan
  3. Bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya
  4. Usaha pelestarian lingkungan hidup
  5. Mengetahui,hakikat,ciri-ciri,dan Penerapan pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitar

  1. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan penugasan
  1. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (unsur-unsur lingkungan)
Kegiatan awal
  • memberi salam
  • melakukan presensi siswa dan memeriksa kesiapan belajar siswa.
  • Guru menunjukan gambar unsur - unsur lingkungan hidup
  • Apresepsi
  • Guru menanyakan sebutkan unsure-unsur lingkungan ?
  • Motivasi
  1. Pengertian lingkungan hidup
  2. Unsur-unsur lingkungan (abiotik,biotik, sosial budaya)
  3. Arti penting lingkungan bagi kehidupan
Kegiatan inti
Menjelaskan materi tentang:
  • Pengertian lingkungan hidup
  • Unsur-unsur lingkungan hidup
  • Arti penting lingkungan hidup bagi kehidupan
Kegiatan penutup
  • Guru menyimpulkan pembelajaran
  • Memberikan penugasan pada siswa
  • Menutup pelajaran dan mengucapkan salam

  1. Alat dan Sumber Belajar
  1. Gambar-gambar yang berhubungan dengan materi yang di ajarkan
  2. Buku paket IPS kelas VIII (karangan sutarto hal 37 - 45).
  3. Buku paket IPS kelas VIII (Asep Mulyadi hal.99 -124 )
  4. Buku Talenta Supra (basis prestasi utama) hal 67-80

  1. Penilaian
Teknik penilaian : tes lisan, tertulis, tes unjuk kerja
Bentuk instrumen : Soal Essay
Soal-soal pertemuan I :
  1. Jelaskan pengertian dari lingkungan hidup
  2. Jelaskan pengertian dari unsur lingkungan biotik,abiotik dan lingkungan sosial budaya
  3. Apakah pengaruh manusia terhadap lingkungan?
  4. Mengapa makhluk hidup termasuk lingkungan biotik?
  5. Sebutkan masing-masing satu contoh dari herbivora,karnivora dan detrivora


Kunci jawaban
Pertemuan I
  1. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan mahluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya.
  2. Pengertian dari unsur-unsur lingkungan
    1. Unsur biotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media saling berhubungan seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik.
    2. Unsur abiotik adalah unsur yang terdapat dalam lingkungan hidup untuk media berlangsungnya kehidupan seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan lain-lain.
    3. Unsur budaya adalah sistem nilai, gagasan, dan keyakinan yang dimiliki manusia dalam menentukan perilakuknya sebagai mahluk sosial seperti bangunan, baju, mobil, rumah , dan lain-lain. Unsur budaya dapat membentuk perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan.
  3. Pengaruh manusia terhadap lingkungan ada tiga yaitu,sebagai perusak lingkungan,pelestarian lingkungan dan perbaikan lingkungan.
  4. Karena lingkungan biotik adalah lingkungan yang terdiri dari benda-benda hidup di muka bumi yaitu manusia,hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  5. Contoh dari herbivora,karnivora dan detrivora adalah
  1. Herbivora : sapi
  2. Karnivora : komodo
  3. Detrivora : lipan,cacing,semut,rayap.dll


oleh :Yoanes sudarsono
08040050027
unikan malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar