Silabus
Pembelajaran
SEKOLAH :
SMP
NEGERI 7 MALANG
KELAS :
VIII
MATA
PELAJARAN : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS TERPADU)
SEMESTER :
I
STANDAR
KOMPETENSI : 1.
Memahami Permasalahan sosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah
penduduk
Kompetensi
dasar
|
Materi
pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1
Mendeskripsikan
kondisi fisik wilayah dan penduduk
|
|
|
|
Tes
Tulis
Tes
Tulis
Tes
Tulis
|
Isian
Piihan
Ganda
Uraian
|
10.
Tanah margel banyak terdapat di daerah kediri dan madiun yang
sangat baik untuk di tanami......
16.
Berikut ini yang merupakan flora tipe asiatis adalah......
a.
kayu putih
b.
sagu
c.
rotan
d.
cemara
1.
Jelaskan yang dimaksud dengan posisi geografis
|
4
jp
|
Peta
indonesia
Atlas
Peta
pembagian waktu wilayah indonesia
Peta
angin muson wilayah indonesia
Peta
pembagian flora dan funa indonesia
Peta
persebaran jenis tanah di ndonesia
Buku
Geografi yang relevan
|
1.2
Mengidentifikasi
permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
|
|
|
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
Pilihan
Ganda
Isian
singkat
Uraian
|
Gerak
perpindahan penduduk secara horizontal dari satu tempat ke tempat
lain melewati batas administrasi disebut.......
Angka
yang menunjukkan kelahiran hidup setiap 1.000 dalam waktu satu
tahun adalah........
Jelaskan
yang dimaksud dengan dinamika penduduk ?
|
4
jp
|
Peta
indonesia
Atlas
Peta
persebaran penduduk di indonesia
Gambar-gambar
yang releven
Buku
Geografi yang relevan
|
1.3
Mendiskripsikan masalah lingkungan hidup dan upaya
penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
|
|
|
|
Tes
lisan
penugasan
observasi
|
Tes
Uraian
Isian
pengamatan
|
Apa
yang kalian ketahui tentang unsure abiotik, biotic dan sosial
budaya dan berikan contohnya yang berkaitan dengan lingkungan
sekolah?
amatilah
kerusakan lingkungan yang ada disekitar tempat tinggal kalian (min
10)
Untuk
mencegah bahaya tanah longsor sebaiknya pengolahan tanah di lereng
– lereng pegunungan menggunakan sistem.........
|
8
jp
|
Peta
indonesia
Atlas
Peta
persebaran penduduk di indonesia
Gambar-gambar
yang releven
Buku
Geografi yang relevan
|
1.4
Mendiskripsikan
masalah kpendudukan dan dampaknya bagi pembangunan
|
|
|
|
Tes
lisan
Tes
tertulis
|
Isian
Pilihan
ganda
Uraian
|
Keadaan
penduduk yang selalu berubah naik dari segi kualitas maupun
kuantitatif disebut sebagai.......
Jumlah
penduduk yang besar dapat mendatangkan masalah secara kuantitatif
yaitu.......
Sebutkan
dampak jumlah penduduk yang besar dan persebaran penduduk yang
tidak meata bagi pembangunan !
|
2
jp
|
Peta
indonesia
Atlas
Peta
persebaran penduduk di indonesia
Gambar-gambar
yang releven
Buku
Geografi yang relevan
|
STANDAR
KOMPETENSI : 2.
Memahami proses kebangkitan nasional
Kompetensi
dasar
|
Materi
pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperalism barat,
serta pengaruh yang di timbulkannya di berbagai daerah
|
|
|
|
Tes
lisan
Tes
Tulis
|
Tes
Uraian
Piihan
Ganda
Uraian
Uraian
|
Sebutkan
upaya yang dilakukan oleh Daendels dalam mempertahankan pulau jawa
dari serangan inggris !
Persamaan
akibat penerapan kebijakan pemerintah kolonial bagi daerah-daerah
di indonesia adalah.......
Apa
latar belakang perang padri ?
Mengapa
penyebaran agama kristen katolik di wilayah maluku sempat
mengalami stagnasi ?
|
4
jp
|
Buku
sumber yang releven
Atlas
sejarah
Foto
dan gambar
Museum
Masyarakat
|
2.2
menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, iddentitas
indonesia, dan prkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
|
|
|
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
Tes
uraian
Tes
uraian
Tes
uraian
Tes
uraian
|
Sebutkan
faktor-faktor yang dapat menyebabkan tumbuhnya rasa nasionalisme ?
Bagaimana
peranan golongan terpelajar dalam menumbuhkan kembangkan
nasionalisme indonesia?
Sebutkan
beberapa organisasi yang bersifat kedaerahan pada masa pergerakan
nasional !
Apa
tujuan bangsa indonesia seperti yang tertuang dalam manifesto
politik indonesia ?
|
4
jp
|
Buku
sumber yang releven
Atlas
sejarah
Foto
dan gambar
Museum
Masyarakat
|
STANDAR
KOMPETENSI : 3.
Memahami masalah penyimpangan sosial
Kompetensi
dasar
|
Materi
pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras,judi,narkoba,HIV
/ AIDS, PSk dan sebagainya) sebagai akibat penyimpanan sosial
dalam keluarga dan masyarakat
|
|
|
|
Tes
tulis
Tes
Tulis
tugas
|
Tes
Uraian
uraian
Tugas
rumah
|
Apa
pengertian penyimpangan sosial menurut Bruce j. Cohen?
Sebutkan
penyimpangan sosial menurut intensitasnya!
Apa
sebabnya perkelahian antar pelajar disebut sebagai perilaku
penyimpangan sosial ?
|
8
jp
|
Gambar-gambar
perilaku penyimpangan sosial
CD
Buku
yang releven
|
3.2
Mengidentifikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial
dalam keluarga dan masyarakat
|
|
|
|
Penugasan
Tes
trtulis
Tes
tertulis
|
Tugas
rumah
Uraian
Uraian
|
Apakah
yang dimaksud dengan penyimpangan sekunder ?
Apa
penyakit sosial itu ?
Apa
tujuan pemberi hkuman dalam penyimpangan sosial ?
|
4
jp
|
Gambar-gambar
perilaku penyimpangan sosial
CD
Buku
yang releven
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar